Perawatan Yang Dilakukan Oleh Dokter Gigi Spesialis Ortodonti Terdekat Dan Jenis-Jenis Alat Ortodonti

Dokter gigi spesialisasi ortodonti mempunyai kompetensi atau kewenangan untuk melakukan sejumlah pemeriksaan serta perawatan gigi dan juga mulut.

Masalah pada struktur gigi terutama gigi maupun rahang yang abnormal adalah ranah pekerjaan dokter gigi dengan spesialis ortodonti. Perawatan yang dilakukan dokter ini lebih kepada perbaikan susunan gigi yang awalnya tidak rapi jadi rapi kembali. Berikut terkait pemeriksaan yang dapat dilakukan dokter gigi spesialis ortodonti terdekat serta alat-alat ortodonti.

Pemeriksaan serta Perawatan yang Dilakukan Dokter Gigi Ortodonti

Perlu diketahui, dokter gigi dengan spesialisasi ortodonti mempunyai kompetensi atau kewenangan untuk melakukan sejumlah pemeriksaan serta perawatan gigi dan juga mulut. Berikut ini adalah pemeriksaan dan perawatan yang dilakukannya.

  • Mengidentifikasi faktor penyebab ketidakrapian gigi maupun rahang
  • Menganalisis apa jenis perawatan gigi yang perlu dilakukan
  • Mendiagnosis kondisi gigi ataupun rahang pasiennya
  • Membuat rencana perawatan yang tepat untuk dapat mengembalikan susunan gigi maupun rahang
  • Melakukan pemasangan alat untuk merapikan susunan gigi misalnya kawat gigi cekat, atau kawat gigi lepasan, dan lain-lain
  • Melakukan pemasangan alat untuk membantu merawat posisi rahang yang tidak normal, misalnya seperti alat headgear
  • Melakukan tindakan operasi untuk dapat merapikan susunan gigi serta rahang
  • Melakukan kontrol pada pasiennya secara rutin
  • Perawatan untuk mencegah para pasiennya melakukan kebiasaan negatif yang dapat mempengaruhi gigi dan rahang

Jenis-Jenis Alat Ortodonti 

Terdapat sejumlah alat ortodonti yang biasanya digunakan oleh dokter gigi spesialis ortodonti terdekat. Salah satunya yaitu alat lepasan, yaitu alat ortodonti yang bisa dilepas pasang. Selain alat tersebut, ada juga alat fungsional.

Alat fungsional merupakan alat yang biasanya dipakai di masa-masa pertumbuhan. Selanjutnya yaitu alat cekat, yaitu alat ortodonti yang dipasangkan secara cepat dengan cara pengeleman secara khusus pada gigi sehingga alatnya tidak dapat dilepas oleh pasien hingga perawatan giginya tersebut selesai. 

Jadi, alat cekat ini menempel pada gigi dengan menggunakan bahan khusus guna membantu memperbaiki susunan gigi. Berbagai jenis alat-alat ortodonti tersebut juga penting untuk diketahui sebelum anda memutuskan untuk pergi ke dokter gigi spesialis ortodonti terdekat.

Sebelum menjalankan pemeriksaan, anda dapat membuat janji bertemu dengan dokter gigi spesialis ortodonti terdekat dan mengkonsultasikan kondisi gigi/rahang anda terlebih dahulu. Demikianlah pembahasan tentang dunia ortodonti kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *