10 Keunggulan Genteng Galvalum

Akhir-akhir ini penggunaannya cukup populer terlepas dari harga genteng galvalum yang lebih mahal dari genteng besi biasa.

Galvalum berasal singkatan dari galvanis dan aluminium. Material genteng galvalum terbuat dari campuran aluminium, dan seng, serta silikon. Dengan komposisi yang terdiri atas pelapis galvalum berupa alumunium sekitar 55 persen, dan seng sekitar 43,5 persen, serta silikon sekitar 1,5%. Tersedia dalam bentuk lembaran maupun roll. Akhir-akhir ini penggunaannya cukup populer terlepas dari harga genteng galvalum yang lebih mahal dari genteng besi biasa. Berikut adalah beberapa keunggulannya sebagai berikut.

Tahan Cuaca Ekstrim

Galvalum dikenal awet dan tidak akan mudah berkarat dalam berbagai kondisi, meski dalam cuaca ekstrem sekalipun. Genteng galvalum diberi lapisan alumunium dan seng juga silikon sehingga terlindungi dari proses oksidasi. Tahan panasnya terik sinar matahari, juga guyuran air hujan.

Anti Lapuk

Material galvalum juga anti rayap. Bahan dasarnya yaitu baja tahan lapuk. Sehingga genteng ini akan lebih awet dan mampu berumur panjang  

Kuat dan Awet

Atap galvalum berbentuk fleksibel namun kuat, karena tanpa sambungan pada bagian panjang atapnya.

Tidak Menyusut dan Memuai

Berbeda dengan atap dari kayu, maka genteng galvalum tidak akan menyusut serta memuai dengan secara berlebihan. 

Tidak Merambatkan Api

Material galvalum juga mempunyai sifat non combustible yakni tidak akan menjadi rambatan dan membesarkan api. Sehingga akan aman jika terjadi kebakaran.

Bobotnya Ringan  

Jika dibandingkan dengan atap tanah liat ataupun keramik, maka bobot genteng galvalum lebih ringan. Sehingga genteng galvalum sering disebut sebagai genteng baja ringan. Hal ini akan membuat genteng ini tahan gempa, juga rangkanya menjadi lebih awet. Hal ini akan memengaruhi daya tahan bangunan dengan secara keseluruhannya. Harga genteng galvalum ini tentunya jadi lebih mahal karena bobotnya yang ringan tapi lebih awet.

Mudah dan Cepat Pemasangannya Mudah

Kelebihan lain dari atap galvalum itu ialah pada pemasangannya yang mudah. Berbeda dengan atap tanah liat, yang harus dipasang satu per satu sehingga akan memerlukan waktu yang cukup lama, maka pada genteng galvalum hanya perlu untuk memasangnya secara per lembar sesuai dengan ukuran yang dipesan. Dengan demikian maka hanya akan memerlukan waktu yang lebih cepat. Bobotnya yang ringan juga memudahkan pemasangannya serta proses pemindahannya, dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Ekonomis

Selain hemat waktu maka genteng galvalum juga cukup terjangkau harganya. Kisaran harga genteng galvalum di pasaran ialah mulai dari 40 ribuan Rupiah saja per lembar untuk genteng galvalum yang berukuran 0,20 mm x 1,8 m x 80 cm. 

Perawatan yang Mudah

Tak perlu perawatan yang rumit. Juga tak perlu sering mengganti atap.

Fleksibel

Bersifat fleksibel dan mudah dibentuk sesuai keinginan dan kebutuhan dalam aneka bentuk desain atap. Material galvalum bisa dibentuk lurus atau melengkung bahkan hingga menjuntai menyentuh tanah. Bisa dijadikan sebagai atap kanopi, atau atap garasi, juga untuk bangunan inti rumah, pabrik, kantor hingga lapangan indoor, dan juga halte bus.

Itulah beberapa keunggulan dari genteng galvalum tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *