Tips Fokus Belajar Di Kelas Sebelum Daftar Kuliah Sarjana Online

Saat mantap memilih daftar kuliah sarjana online untuk melanjutkan pendidikan, Anda secara tak langsung telah berani berkomitmen untuk sejumlah hal.

Saat mantap memilih daftar kuliah sarjana online untuk melanjutkan pendidikan, Anda secara tak langsung telah berani berkomitmen untuk sejumlah hal. Sebut saja menyediakan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk kegiatan pembelajaran. Bukan hanya itu, Anda juga menjadi bagian dari universitas bersangkutan walau hanya sesekali datang ke kampus.

Kiat fokus belajar saat kuliah online

Walau punya jadwal lebih fleksibel dan biayanya terjangkau, kuliah online untuk jenjang S1 harus Anda lakukan seserius mungkin. Supaya lebih fokus selama belajar, silakan terapkan tips berikut ini:

  1. Anggap seperti ikut kelas tatap muka

Salah satu faktor yang mendorong beberapa orang ikut daftar kuliah sarjana online adalah dapat merasakan suasana pembelajaran yang lebih santai. Sayangnya, kelebihan ini kerap diremehkan dan membuat peserta yang mengikutinya jadi kurang disiplin.

Bagi Anda yang belum terbiasa mengikuti kuliah online dapat menganggap bahwa kelas-kelas yang diambil adalah kelas tatap muka. Fokuskan perhatian kepada dosen seakan-akan mereka berada di satu ruangan dan berinteraksilah saat diskusi dibuka.

  1. Rancang manajemen waktu belajar yang baik

Supaya lebih disiplin dalam belajar, rancang manajemen waktu khusus kuliah online. Proses penyusunannya sendiri tergantung pada kepribadian, gaya belajar serta jadwal. Sebagai contoh, Anda yang berkuliah di pagi hari dapat memakai sore dan malam untuk kegiatan-kegiatan lain.

Jika mengambil full time online learning, pastikan Anda menyisihkan waktu untuk olahraga atau kegiatan me-time sebagai jeda di antara kelas-kelas kuliah. Langkah ini dipercaya bisa membantu Anda menjauhkan diri dari risiko stres hingga burn out.

  1. Pilih tempat khusus belajar yang nyaman

Langkah selanjutnya yang dapat diterapkan agar konsentrasi terjaga selama kuliah online adalah memilih tempat khusus untuk kegiatan tersebut. Lokasinya bisa di salah satu sudut kamar atau area lain di rumah yang jauh dari jangkauan tempat tidur.

Buatlah suasana belajar kondusif dengan menempatkan meja dan kursi khusus hingga tanaman menyegarkan. Pengaturan ini dapat diterapkan sejak daftar kuliah sarjana online yang secara tak langsung mengkondisikan area atau ruangan tersebut ditujukan untuk belajar.

  1. Jauhkan atau sembunyikan distraksi belajar

Seperti yang disinggung, tempat tidur seringkali menjadi distraksi karena malah mengundang mahasiswa untuk berbaring. Memang dosen dan mahasiswa lain tak bisa melihatnya. Namun, Anda akan tetap merugi karena kehilangan materi berharga dan jauh tertinggal dari yang lain.

Maka dari itu saat sedang ikut kelas online, jauhkan diri dari gangguan yang akan berpotensi memecah konsentrasi. Misalnya dengan mengatur mode tertentu pada laptop atau smartphone agar Anda tergoda membuka aplikasi tertentu.

Mudah-mudahan dengan menyimak tips ini, Anda akan semakin mantap daftar kuliah sarjana online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *