Deretan Prospek Karir Mata Kuliah Data Science yang Menjanjikan

Saat ini, banyak sekali industri yang membutuhkan lulusan jurusan mata kuliah data science, lantaran dapat membantu pengelolaan big data dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Selain itu, mengambil jurusan mata kuliah tersebut juga terbilang menguntungkan lantaran menawarkan prospek kerja menjanjikan, yang bisa Anda lihat di ulasan berikut.

Saat ini, banyak sekali industri yang membutuhkan lulusan jurusan mata kuliah data science, lantaran dapat membantu pengelolaan big data dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Selain itu, mengambil jurusan mata kuliah tersebut juga terbilang menguntungkan lantaran menawarkan prospek kerja menjanjikan, yang bisa Anda lihat di ulasan berikut. 

Apa saja prospek karir jurusan kuliah data science?

Ketika memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi tertentu, biasanya seseorang juga akan mempertimbangkan mengenai prospek kerja yang ditawarkan di dalamnya. Jika Anda ingin mendapatkan prospek kerja menjanjikan, tidak ada salahnya untuk mengambil jurusan data science. Pasalnya, jurusan kuliah satu ini menawarkan beberapa prospek kerja menjanjikan di antaranya yakni sebagai berikut. 

  1. Data Scientist

Profesi menjanjikan pertama ada data scientist yang bertugas dalam mengkombinasikan berbagai macam data rumit, menganalisis dan menginterpretasikan data tertentu. Biasanya, data yang digunakan bersumber dari berbagai hal sehingga perlu dipastikan oleh profesi pekerjaan tersebut.

Ketika akan menjalani profesi data scientist ini, maka seseorang penting untuk memiliki kemampuan dalam memilih algoritma dan membuat infografis yang tepat. Dengan demikian, maka akan memudahkan seseorang dalam mengambil keputusan baik itu untuk memprediksi, memahami data sampai dengan pengembangan bisnis yang dijalankan. 

  1. Data Engineer

Berikutnya, ada yang namanya data engineer yang memiliki keahlian dalam merancang dan mengembangkan arsitektur manajemen data tertentu. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, seseorang yang berprofesi sebagai data engineer biasanya akan bertanggung jawab penuh dalam melakukan pemantauan infrastruktur sebuah organisasi / perusahaan.

Adapun tugas utama dari profesi yang mengambil mata kuliah data science ini, yakni mengumpulkan, mengambil dan memproses data dalam jumlah besar. Sehingga, penting bagi seseorang untuk memiliki kemampuan dalam bidang big data, matematika dan pemrograman.

  1. Data Analyst

Khusus untuk profesi data analyst satu ini, biasanya bertugas dalam menganalisis data numerik yang hasilkan akan dijadikan bahan pertimbangan bagi seseorang dalam pengambilan keputusan. Selain itu, profesi ini juga akan membuat dashboard reporting dan monitoring.

Seseorang dengan profesi data analyst, biasanya diharuskan memiliki kemampuan bahasa pemrograman, penggunaan SQL dan spreadsheet dan lain – lain. Terlebih lagi, terkadang ada perusahaan yang mewajibkan seorang data analyst untuk memiliki kemampuan tertentu.

  1. Business Analyst

Adapun profesi menjanjikan berikutnya, yaitu ada business analyst yang bertugas dalam menganalisis dan mengevaluasi kebijakan suatu organisasi / perusahaan. Dari hasil kerja business analyst ini, nantinya akan memberikan dampak besar bagi organisasi / perusahaan itu sendiri.

Baik itu dari segi produktivitas, profitabilitas sampai dengan efisiensi manajemen organisasi. Di samping itu, profesi ini juga turut bertanggung jawab dalam menemukan solusi terhadap permasalahan yang terjadi.

Melihat begitu banyaknya profesi menjanjikan yang ditawarkan tersebut, tidak mengherankan jika saat ini banyak calon mahasiswa yang tertarik mengambil mata kuliah data science

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *