Sedang Mencari Ukuran Genteng Metal Pasir? Perhatikan 4 Aspek Ini!

Bagi pemula, memilih ukuran genteng metal pasir terasa tricky dan menantang karena belum mengenali karakteristiknya.

Bagi pemula, memilih ukuran genteng metal pasir terasa tricky dan menantang karena belum mengenali karakteristiknya. Namun, bukan berarti Anda tak dapat menemukan ukuran yang sesuai kebutuhan pemasangan. Untuk memudahkan prosesnya, pemilihan perlu dilakukan berdasarkan sejumlah aspek yang akan dijelaskan di bawah ini!

Aspek penentu ukuran genteng

Sebagai informasi, genteng metal pasir per lembarnya mempunyai ukuran bervariasi. Antara lain panjang dari 1.000 sampai 1.200 mm, lebar dari 820 sampai 1.080 mm, dan tebal dari 0,25 sampai 0,50 mm. Sementara beratnya berkisar dari 2,5 sampai 4,5 kilogram per lembar.

Adapun aspek-aspek yang membantu Anda menentukan ukuran atap mencakup:

  1. Luas atap

Mengukur luas atap menentukan jumlah genteng metal pasir yang akan dipasang. Kalau terlalu sedikit, tentu atap tak bakal tertutup sempurna. Sementara kalau ada sisa, Anda barangkali akan merasa rugi karena mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Maka dari itu, perhitungkan baik-baik untuk mendapatkan jumlah dan ukuran yang tepat.

  1. Bentuk atap

Ukuran genteng metal pasir pun akan mengikuti bentuknya. Jika atap yang akan dipasang punya banyak tikungan dan sudut, maka genteng yang digunakan sebaiknya mempunyai ukuran kecil yang bertujuan untuk mengakomodasi kompleksitasnya. Berbeda untuk atap simpel yang dapat ditutupi genteng berukuran besar.

  1. Warna dan desain

Genteng metal pasir termasuk material bangunan yang tersedia dalam berbagai desain dan warna. Kendati begitu, Anda perlu memastikan dulu ketersediaannya, sebab ada beberapa pilihan stok yang cepat habis atau jumlahnya tak mencukupi. Terutama untuk kustomisasi yang membutuhkan proses produksi lebih lama dan biaya agak tinggi.

  1. Risiko cuaca 

Apa Anda tinggal di kawasan kering atau lembap? Bagaimana dengan intensitas curah hujan per tahunnya, tinggi atau rendah? Jangan abaikan hal-hal ini, sebab akan berpengaruh pada ketahanan genteng yang dipasang pada atap bangunan. Kalau asal memilih, atap akan mudah rusak atau ambruk yang pastinya berdampak pada kenyamanan penghuni.

Selamat menentukan ukuran genteng metal pasir untuk kebutuhan atap bangunan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *