Serba-serbi Cara Pembuatan PT Perseorangan Yang Wajib Anda Ketahui, Penasaran?

Ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis, tentu harus mengetahui jenis-jenis badan usaha untuk bisa menimbang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing badan usaha. Salah satu jenis badan usaha yaitu PT Perseorangan. Jika Anda belum memahaminya, pada artikel ini akan dibahas mengenai serba-serbi cara pembuatan PT Perseorangan yang harus Anda ketahui. Penasaran? Sebagai berikut:

Ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis, tentu harus mengetahui jenis-jenis badan usaha untuk bisa menimbang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing badan usaha. Salah satu jenis badan usaha yaitu PT Perseorangan. Jika Anda belum memahaminya, pada artikel ini akan dibahas mengenai serba-serbi cara pembuatan PT Perseorangan yang harus Anda ketahui. Penasaran? Sebagai berikut:

Pengertian PT Perseorangan, Apakah Itu?

Mungkin sebagian orang mengenai apa itu PT Perseorangan dan sebagian lainnya tidak. PT merupakan kependekan dari perseroan terbatas yang diartikan sebagai badan usaha yang diakui oleh hukum dan berdiri atas modal yang terbagi atas saham.

Dalam PT Perseorangan pemegang saham dan direktur utamanya yaitu Anda seorang sebagai pendiri tanpa ada campur tangan modal dari pihak lain. Oleh karena itulah, Anda yang bertanggung jawab penuh atas risiko dan kendala dalam cara pembuatan PT Perseorangan.

Syarat Mendirikan PT Perseorangan

Adapun syarat-syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin mendirikan PT Perseorangan diantaranya sebagai berikut:

  1. Hanya dapat didirikan oleh satu orang saja sebagai direktur utama dan pemegang saham tanpa adanya orang lain sebagai pemegang saham kedua. Hal ini harus Anda penuhi ketika ingin mendirikan PT Perseorangan.
  2. Didirikan oleh WNI atau warga negara Indonesia dengan pembuatan pernyataan pendirian dalam bahasa Indonesia.
  3. 3. Minimal usia WNI yang ingin mendirikan PT Perseorangan yaitu 17 tahun dan telah diakui secara hukum yang sah.
  4. PT Perseorangan hanya dapat didirikan oleh satu pemegang saham sekaligus direktur utama dalam kurun waktu satu tahun.

Prosedur Pendirian PT Perseorangan

Setelah mempelajari syarat di atas Anda selanjutnya harus memperhatikan prosedur pendirian. Lalu langkah-langkah cara pembuatan PT Perseorangan apa saja yang harus ditempuh? Sebagai berikut:

  1. Melakukan registrasi dan aktivasi akun di laman yang sudah ditentukan,
  2. Melakukan pengisian pernyataan pendirian sesuai dengan form pengisian yang diberikan dan pastikan data yang Anda masukkan telah sesuai,
  3. Konfirmasi pengisian yang telah diperiksa,
  4. Melakukan pembayaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),
  5. Mengunduh surat pernyataan pendirian,
  6. Lakukan pengunduhan lebih lanjut surat pernyataan pendirian yang telah ditandatangani secara elektronik oleh Menteri Hukum dan HAM,
  7. Melakukan cetak surat pendirian PT Perseorangan dan sertifikat pernyataan pendirian secara mandiri diatas kertas.

Keuntungan Mendirikan PT Perseorangan

Pendirian PT Perseroan tentu membawa banyak keuntungan bagi Anda. Apa saja keuntungan yang didapatkan? sebagai berikut:

  1. Terdaftar secara resmi dan dinyatakan sah menurut hukum di Kemenkumham RI,
  2. Dapat melakukan pemisahan antara kekayaan pribadi yang dimiliki dengan perusahaan secara formal karena adanya NPWP perusahaan yang sah,
  3. Pendirian dan prosedur yang harus dipenuhi terbilang mudah dengan biaya relatif murah,
  4. Pelaku usaha dapat dengan mudah mengajukan pinjaman baik ke lembaga keuangan maupun investor,
  5. Diperbolehkan menggunakan alamat rumah yang disesuaikan dengan rencana detail tata ruang dan lokasi.

Demikian pembahasan mengenai serba-serbi yang harus Anda perhatikan dalam cara pembuatan PT Perseorangan. Pastikan Anda memperhatikan detail sekecil apapun dalam pendirian. Lantaran, kesalahan kecil akan menyebabkan masalah di masa mendatang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *