Kenali Jenis-Jenis Waffle Machine Beserta Cara Merawatnya

Banyak dari kamu yang pasti sudah pernah melihat roller grill waffle machine atau cetakan wafel. Alat masak ini banyak digunakan di toko pastry, bakery, dan coffee shops yang menyediakan menu wafel.

Banyak dari kamu yang pasti sudah pernah melihat roller grill waffle machine atau cetakan wafel. Alat masak ini banyak digunakan di toko pastry, bakery, dan coffee shops yang menyediakan menu wafel. Walaupun sudah banyak digunakan, namun beberapa orang tidak mengetahui bahwa cetakan wafel tersedia dalam paling tidak tiga jenis yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Commercial Waffle Machine

Cetakan wafel komersial umumnya berukuran besar dan lebih kokoh karena memang digunakan untuk tempat-tempat komersial, seperti restoran, coffee shops, dan gerai penjual waffle. Jenis cetakan wafel ini didesain khusus untuk memproduksi wafel secara terus menerus, sehingga cocok untuk bisnis kuliner.

Commercial waffle machine adalah cetakan wafel elektrik, yang berarti alat ini menggunakan listrik sebagai dayanya. Dan karena dilengkapi dengan penghantar panas yang lebih besar, jenis cetakan wafel ini pun menyerap energi listrik yang cukup besar juga.

Electric Waffle Machine

Selanjutnya adalah cetakan waffle elektrik untuk penggunaan rumahan. Jenis cetakan wafel ini hadir dengan daya listrik yang berbeda-beda, sehingga pengguna dapat menyesuaikannya dengan ketersediaan daya listrik yang ada di rumah. Semakin besar daya listriknya, tentunya semakin cepat panas pula cetakan wafel sehingga dapat lebih cepat digunakan.

Flip Waffle Machine

Berbeda dengan dua jenis sebelumnya yang menggunakan energi listrik, cetakan wafel flip menggunakan panas api dari kompor untuk membuat wafel. Jenis cetakan wafel ini memiliki handle atau gagang yang berfungsi sebagai pegangan untuk pengguna membolak-balikkan cetakan, sehingga wafel matang di kedua sisinya.

Karena itulah, cetakan wafel flip cukup tricky untuk digunakan karena kamu harus menyesuaikan besar kecilnya api kompor, serta durasi waktu memanggang setiap sisi wafel agar tidak gosong dan matang sempurna. Flip roller grill waffle machine dibuat dengan material yang beragam dan biasanya dilengkapi dengan lapisan anti lengket.

Silicon Waffle Maker

Terdapat pula cetakan wafel yang terbuat dari silikon. Sama seperti penggunaan loyang kue, kamu harus menuangkan adonan wafel ke dalam cetakan silikon ini, kemudian memasukkannya ke dalam oven untuk memanggang wafel hingga matang. Dibandingkan ketiga jenis cetakan wafel sebelumnya, harga cetakan wafel silikon ini memang lebih terjangkau.

Namun, bagian luar wafel yang dibuat dengan cetakan silikon tidak se-crunchy atau segaring dibandingkan dengan menggunakan cetakan waffle elektrik atau flip.

Cara Merawat Cetakan Wafel

Berikut adalah beberapa tips merawat waffle maker agar dapat digunakan dalam waktu yang lama:

  • Gunakan spatula silikon atau kayu untuk membalikkan wafel atau mengangkat wafel yang sudah matang. Hindari menggunakan spatula besi karena dapat menggores permukaan anti lengket waffle maker.
  • Gunakan kain atau sikat gigi lembut jika ingin membersihkan sisa adonan wafel yang menempel pada cetakan wafel.
  • Gunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan air atau cairan pembersih food grade untuk membersihkan bagian luar roller grill waffle machine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *