Mengetahui Scaling Gigi Terdekat yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Gigi

Melakukan scaling gigi bisa menjaga gigi Anda tetap sehat. Tidak perlu pergi ke rumah sakit, karena saat ini ada banyak tempat scaling gigi terdekat dari lokasi Anda.

Scaling gigi merupakan salah satu cara merawat kesehatan gigi yang dianjurkan. Melakukan scaling gigi bisa menjaga gigi Anda tetap sehat. Tidak perlu pergi ke rumah sakit, karena saat ini ada banyak tempat scaling gigi terdekat dari lokasi Anda. Lantas apa pentingnya scaling gigi? Simak di sini! 

Apa Itu Scaling gigi? 

Scaling gigi merupakan prosedur perawatan gigi yang tidak melalui proses operasi. Tujuannya untuk membersihkan sekaligus menghilangkan karang gigi membandel yang berada di semua permukaan gigi serta bagian bawah gusi. 

Prosedur scaling gigi dilakukan dengan memakai alat pengikis manual maupun alat pengikis khusus dengan gelombang ultrasonik atau ultrasonic scaler. Scaling gigi dianjurkan dilaksanakan sebanyak 6 bulan sekali. 

Tapi ada pengecualian, jika pasien mengalami karang gigi parah, sebaiknya scaling gigi dilakukan 3 bulan sekali. Tindakan scaling gigi yang dilakukan oleh dokter gigi profesional tidak akan merusak email gigi. 

Pentingnya Melakukan Scaling Gigi

Scaling gigi sangat dianjurkan, hal ini karena scaling gigi mempunyai berbagai manfaat. Inilah beberapa manfaatnya: 

  1. Bau Mulut Berkurang 

Scaling gigi adalah membersihkan karang dan plak membandel pada gigi. Karang gigi inilah yang memicu bau mulut. Jika karang gigi dibersihkan, tidak ada bakteri jahat yang menempel dan berkembang biak dalam mulut. 

  1. Mencegah Penyakit Gusi 

Scaling gigi bermanfaat untuk mencegah penyakit pada gusi. Plak yang menumpuk dan karang gigi bisa mengakibatkan gusi radang atau gingivitis. Jika tidak ditangani dengan baik bisa membuat gusi semakin parah. 

  1. Senyum Semakin Cerah 

Scaling gigi bisa menghilangkan noda serta perubahan warna kuning di gigi. Setelah dibersihkan penampilan gigi akan lebih bersih, cerah, dan pastinya saat tersenyum semakin percaya diri. 

  1. Mencegah Karies Gigi 

Plak dan karang gigi mengandung bakteri jahat yang merusak lapisan gigi dan membuat karies alias gigi berlubang. Jadi, dengan membersihkan karang gigi dengan teratur bisa membantu mencegah gigi berlubang. 

  1. Menghindari Rasa Sakit di Sekitar Mulut

Pembersihan karang gigi dan plak adalah prosedur yang baik dalam membersihkan gigi tanpa rasa sakit. Namun, perlu digaris bawahi ketika melakukan scaling gigi lebih baik memilih dokter gigi spesialis yang terpercaya. 

Demikianlah penjelasan tentang penjelasan dan manfaat melakukan scaling gigi terdekat yang menarik untuk diketahui. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *